0


Mainan remote control kini telah menjadi hoby unik yang begitu diminati banyak orang. Bahkan kumpulan penggemarnya memiliki komunitas tersendiri. Nah, salah satu mainan yang populer saat ini adalah Drone atau pesawat tanpa awak. hampir semua media mentraining campersnya untuk menguasai alat ini. Kalau camera biasa mempunyai keterbatasan sudut pandang, sementara alat yang berasal dari U.S ini mendobrak keterbatasan camera dengan mampu terbang dan bermanuver 180 derajat.


Tapi tahukah anda, apakah DRONE itu? 
Nama resminya DJI Phantom tapi para campers biasanya menyebut Drone, yakni sebuah alat untuk mengangkut camera dengan baling-baling. Nah, biasanya untuk liputan standar hanya pakai quad-copter atau empat baling-baling. Ada juga yang delapan baling-baling untuk mengangkut camera DSLR 5D tapi yang ini super mahal.Sepintas memang terlihat seperti mainan namun sebuah camera kecil nempel di bawah drone ini, awalnya DJI phantom sama sekali tanpa camera, jadi kalau anda beli drone maka harus membeli go-pro. Namun belakangan DJI Phantom versi 2 sudah punya camera sendiri.






Kalau mau mahir anda sebaiknya latihan dulu dengan mainan helikopter atau bisa membeli simulatornya untuk berlatih di komputer. Sebenarnya nggak susah, gue coba sih nggak  rumit cuman butuh latihan intensif saja, masalahnya kalau jatuh rusak mampuslah gue tau sendiri ini barang harganya berapa.
Jarak:
Perlu diingat drone dilengkapi dengan GPS, sebelum terbang drone akan menglock GPS jadi ketika kita kehilangan drone atau lowbat dia akan kembali dengan sendirinya ke posisi awal.  Kendati canggih pada umumnya di daerah perkotaan yang penuh pohon atau gedung drone hanya bisa terbang sejauh 500 meter. Namun di daerah terpencil yang bebas dari gangguan sinyal dan gedung bertingkat bisa sampai 1 Km.

Waktu terbang:
Bisa terbang sampai berapa lama? Nah ini dia yang paling bikin sakit hati. Drone cuma bisa melaksanakan tugasnya selama 15 menit saja, sebelum lampu indicator baterai habis akan berkedip. Makanya campers dilatih harus mahir sekali karena waktu yang mereka punya terbatas untuk mengambil gambar. Jadi jangan heran campers yang bisa drone dihargai mahal sangat ini.

Baterai:
Baterai drone memang berbentuk seperti ini dan kapasitas kurang tahu, tapi untuk mengecash bisa 2 – 3 jam untuk sekali terbang selama 15 menit mampus nggak tuh. Biasanya untuk aman kita harus beli 3 buah baterai, jadi ketika habis bisa langsung ganti dan terbang kembali. Tidak bisa menunggu untuk charge baterai karena waktu charge yang butuh 2-3 jam bisa-bisa acara yang diliput sudah bubar.

Harga:
Untuk drone standar quad copter versi satu yang sudah tidak lagi diproduksi dihargai sebesar 5-7 juta saja itu tanpa camera, artinya anda harus beli go-pro seharga 3 juta jadi total 8-10 juta. Sementara DJI Phantom versi 2 harga baru adalah 15-16 juta untuk paket standar. Jika ada paketan seperti tambah gimbal dsb bisa sampe 20 juta. Sementara untuk yang 8 baling-baling untuk angkut camera 5D seharga 100 juta. Tapi itu hanya untuk paket standar ya, artinya anda cuma dapat satu baterai saja. Masa mau terbang hanya selama 15 menit saja? Makanya harus membeli baterai tambahan, 1 buah baterai dihargai 2-3 juta saja.


DJI Phantom/DRONE di indonesia menjadi sebuah barang ekslusif karena mahal, sampai-sampai ada clubnya dan seperti yang gue sebutin di atas kalau campers yang bisa drone sampai dihargai mahal. Di negara aslinya drone ini tergolong murah meriah (ya iyalah) makanya kebanyakan yang beli adalah remaja dan dipakai buat mainan, kesel nggak tuh! kalau Industri media di Amrik sono udah pakai yang 8 baling-baling. Makanya di Amrik sono ada tren anekdot “no more selfies but dronies”, gile empet nggak tuh DJI Phantom yang disini cuma mampu dibeliin sama perusahaan, di Amrik sono di pakai hura-hura ama ABG!



 Ini contoh kerjaan yang jadi trending topik seantero Indonesia klik --- Drone Jurnalism










Salah satu  contoh drone dengan 6 baling-baling untuk keperluan iklan dan film, sekalipun mampu membawa kamera SLR tapi jarak tempu dan waktu terbang tidak beda jauh, hanya 15-20 menit saja.

5  Jenis Drone dengan Harga Terjangkau
Ada berbagai macam jenis drone, dari jenis rakitan sendiri maupun yang sudah dirakit oleh perusahaan. Ada juga yang telah memiliki kameranya sendiri, sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi membeli kamera untuk dipasang di drone. Di bawah ini adalah 5 jenis drone dengan harga yang relatif terjangkau dan gampang didapatkan.
1.NINE EAGLE GALAXY VISITOR 3 MASF12
 Galaxy Visitor 3 adalah salah satu drone yang memiliki harga sangat terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek sekitar kurang dari 2 juta rupiah saja anda sudah dapat melakukan hobi fotografi udara. Walau murah, fitur yang dimiliki Galaxy Visitor 2 MASF12 ini cukup lengkap. Drone satu ini sudah memiliki sensor ketinggian, fungsi perlindungan loss signal, serta memiliki lampu navigasi LED yang berwarna-warni. Bagi anda yang masih pemula, sudah tersedia fungsi ‘terbang headless‘ yang memiliki mode kontrol terbang cerdas sehingga akan sangat mudah untuk anda menggunakannya. Salah satu tempat untuk mendapatkan Galaxy Visitor 3 MASF12 ini adalah di situs indotronic.com.
Spesifikasi :

2. RC QUADCOPTER V222 2.4G 6-AXIS

 Jenis drone ini merupakan salah satu drone yang cukup terjangkau. Mematok harga sekitar 1,9 juta rupiah, RC Quadcopter V222 ini sudah dilengkapi dengan kamera yang dapat di-upgrade. Sistem 6 axis-nya membuat drone ini bisa menghadapi angin dengan lebih stabil. RC Quadcopter V222 2.4G 6-Axis ini bisa anda dapatkan di situs tokopedia.com.
Spesifikasi:

3. PARROT AR DRONE 2.0
 Drone yang satu ini sepertinya lebih ditujukan pada para pengguna smartphone ataupun tablet. Parrot AR Drone 2.0 memang dapat dikendalikan dengan gadget yang anda miliki. Tak hanya itu saja, drone ini memiliki kamera sendiri yang mampu merekam video hingga 720 pixel. Parrot AR Drone 2.0 mempunyai kemampuan terbang yang cukup stabil dalam kisaran waktu 18 hingga 20 menit. Jika anda tertarik, drone ini bisa dibeli di situs jakartanotebook.com dengan harga sekitar Rp 3.999.000 saja.
Spesifikasi:

4. RC QUADCOPTER SYMA X5C

Drone keluaran RC sepertinya memang menargetkan pengguna yang melakukan fotografi udara sebagai hobi. Hal ini dapat dilihat dari harga-harga produk yang dipatok murah dan tak memberatkan kantong. Seperti Syma X5C ini yang dibandrol sekitar 950 ribu rupiah saja. Di Indonesia, drone ini dapat dibeli di toko-toko online seperti bukalapak.com.
Spesifikasi:

5. WALKERA QR INFRA X SMART DRONE
 Walkera QR Infra X Smart Drone adalah drone pertama yang dilengkapi teknologi CAS (Crash Avoidance System). 10 sensor yang dimiliki drone ini memiliki kemampuan untuk mencegah drone ini menabrak orang, obyek, ataupun dinding. Walkera QR Infra X Smart Drone ini memiliki harga sekitar 1,3 juta rupiah.
Spesifikasi:

 Dan berikut ini adalah 4 Pilihan Drone Terbaik 2015
1. Yuneec TYPHOON Q500 4K


Menariknya, pada Drone Terbaik yang ada pada sekarang ini dilengkapi fitur Follow Me, Watch Me, dan Dynamic Return Home ketika baterai yang digunakan telah habis. Hebatnya lagi, pada drone satu ini, pihak pembuatnya melengkapi bagian paling inti pada sebuah drone, yaitu kamera, dengan resolusi 4K, yang nantinya dapat mengambil rekaman video dengan gerak lambat atu slow motion pada kecepatan 30fps, sedangkan bila sobat hanya menginginkan kualitas HD, drone ini juga dapat melakukannya dengan menghasilkan rekam video kualitas 1080p / 120fps. Selain itu, dirinya juga tercatat sebagai drone dengan waktu terbang terlama sekitar 25 Menit, dan untuk bisa mendapatkannya Drone Terbaik yang ini, sobat harus merogoh kocek sebesar 1300 Dollar

2. 3DR Solo



3. DJI Inspire 1



4. Drone Terbaik “DJI Phantom 3”
Masih satu atap dengan merek drone terbaik yang kami bahas pada urutan ketiga, DJI Phantom 3 memiliki kemampuan setengah dari Inspire 1, yang mana dirinya hanya dibekali kamera dengan lensa OV (Field Of View) 94° 20 mm (35 mm format equivalent), yang memiliki aperature f/2.8, membuat dirinya dapat memperoleh hasil gambar foto maupun video dengan kualitas maskimal Ultra HD atau setara 2704 x 1520 pixel pada kecepatan 30fps. Begitu juga pada slot penyimpanan yang dimilikinya, dirinya hanya dapat dijejali dengan micro sd berkapasitas 8 GB, dan untuk waktu terbang dari Drone Terbaik yang dinamai DJI Phantom 3 seharga 799 Dollar.


 Sementara waktu terbang DJI Phantom 3, dapat bertahan diatas awan selama kurang lebih 17 sampai dengan 20 menit. Bagaimana sobat deteknokers, berniat untuk memiliki salah satu dari empa drne terbaik yang kami sebutkan diatas?. Tenang saja, ketika sobat membelinya, dijamin gak bakal rugi, karena kemampuan dari Drone-drone diatas sudah mengalami uji coba sebelumnya, jadi sudah pasti sobat deteknokers akan mendapatkan Drone Terbaik, yang tentunya tidaklah murah untuk bisa memiliki Drone Terbaik dari empat pilihan saran yang kami sebutkan diatas.


Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//