0
TOKYO - Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida mengatakan, bahwa Tokyo, Washington, dan Seoul sepakat untuk bersatu dalam menghadapi ancaman Korea Utara (Korut) yang diduga telah melakuan uji coba nuklir pada awal bulan ini.



"Idenya adalah untuk mengkonfirmasi kerjasama trilateral menghadapi Korut," kata Kishida kepada sejumlah wartawan seperti dikutip dari laman Sputniknews.

Kishida mengatakan hal itu mengomentari pertemuan para diplomat senior Jepang, Amerika Serikat (AS), dan Korea Selatan (Korsel) yang direncanakan dilakukan di Tokyo pada 16 Januari mendatang.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Korsel juga telah mengumumkan pertemuan ketiga negara itu.



Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korsel Lim Sung-nam, Wakil Menteri Luar Negeri Anthony Blinken dan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Akitaka Saiki.

Pertemuan ketiga diplomat senior itu dilakukan setelah Pyongyang mengklaim telah melakukan uji coba bom hidrogen pertama pada 6 Januari lalu. Uji coba Pyongyang ini menuai kecaman dari masyarakat internasional. Uji coba itu dinilai sebagai aksi provokatif dan bisa merusak stabilitas di wilayah tersebut.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//