0
Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Tidak Terbaca Corrupt | Wah, bisa stress berat ketika memory card rusak atau tidak terbaca. Meskipun sekarang harga MMC sudah semakin murah, tapi kalau MMC itu masih bisa diperbaiki kenapa pula kita musti beli yang baru. Apalagi kalau data berupa foto, video, atau file musik di dalamnya masih sangat kita perlukan. Barangnya bolehlah murah dan bisa diganti dengan yang baru, tapi data isi dan terutama kenangan itu tidak terbeli, haha….

Cara-cara berikut ini pada umumnya bisa digunakan pada segala jenis kartu memory, baik memory pada BlackBerry, Android, kamera, atau handycam. Jika anda masih ingin mempertahankan atau restore data MMC rusak.
android
Selain sebagai penyimpanan foto dan video, memori juga menjadi tempat penyimpanan aplikasi. Smartphone android yang dikenal sebagai gudangnya aplikasi menjadikan keberadaan memori menjadi sangat vital. Apabila memori rusak, maka aplikasi pada android tidak bisa dijalankan lagi. Oleh karena itulah, maka alangkah baiknya pengguna Android harus mengetahui cara memperbaiki memori card atau kartu memori yang rusak.
Ok, sekarang kita langsung ke cara-cara memperbaikinya ya….
1. CARA PERTAMA
  1. Sama seperti langkah ke tiga diatas sampai langkah ke 3. Jika kartu memory anda benar-benar bermasalah, biasanya akan ada pesan kesalahan. Jika di laptop terbaca dan terlihat baik-baik saja tetapi tetap tidak terbaca di HP, lanjutkan dengan langkah berikut
  2. Buat folder baru di hard disk, beri nama sembarang asal anda ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memory yang rusak tadi
  3. Copy seluruh isi kartu memory
  4. Format kartu memory tadi. Caranya:
    1. arahkan kursor mouse pada drive kartu memory
    2. klik kanan
    3. pilih format
    4. pilih/beri tanda centang pada pilihan FAT16
    5. klik Start dan tunggu sampai selesai baru tekan Close
    6. kembalikan file hasil copy pada langkah ke 3 tadi ke kartu memory
  5. Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.



2. CARA KEDUA

Cara ini merupakan teknik memperbaiki kartu memori yang paling mudah. Pengguna cukup masuk ke “Setting> Strorage> Erase SD Card”. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi memori yang rusak akibat malware. Biasanya Malware yang masuk ke dalam smartphone menyebabkan kartu memori rusak serta tidak bisa terbaca. Sehingga langkah yang paling tepat adalah dengan menghapus seluruh isi dari memori. Memang semua data akan hilang, namun masalah memori card nantinya akan teratasi.
 
 3. CARA KETIGA

Cara ini cukup membutuhkan kabel data atau USB yang disambungkan ke komputer. Seperti biasa pilihlah menu kartu memori atau media penyimpanan. Setelah itu bukalah windows explorer dan pilihlah memori smartphone yang sudah terkoneksi. Klik kanan dan pilihlah menu error checking kemudian lakukanlah scan terhadap memori kartu yang mengalami kerusakan. Tunggulah beberapa saat hingga proses scaning selesai. Eject memori dan cobalah kembali lihat smartphone android anda.

android

3. CARA KE EMPAT

  • Hubungkan HP ke laptop atau PC dengan kabel data
  • Pastikan HP anda terhubung dalam mass storage mode, bukan media transfer mode
  • Melalui Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory HP kita, pilih Properties, kemudian Tools, Error Checking, tunggu sampai selesai. Centang saja semua pilihan seperti pada gambar ini…image
  • Eject drive tadi, cabut kabel datanya
  • Coba cek, sudah terbaca atau belum
3. CARA KE LIMA
Apabila dua cara tersebut belum membuahkan hasil. Maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memformat kartu memori. Tentunya cara memformat kartu memori tidak asing bagi pengguna ponsel pintar. Yang terpenting adalah jangan lupa memback up data terlebih dahulu agar file yang tersimpat tidak hilang. 
Buka menu options/pengaturan/setting seperti ganbar berikut ini :
 2. Pilih menu penyimpanan
3. Lalu Format Kartu SD.
Setelah di format barulah data dikembalikan ke memori seperti asal.
Perlu diketahui, cara tersebut bukan untuk kerusakan fisik memori seperti retak, patah dan sebagainya. Akan tetapi cara di atas akan sangat maksimal apabila digunakan pada kerusakan memori card yang mengalami kesalahan data, kerusakan aplikasi serta gangguan malware yang banyak beredar bagi pengguna smartphone Android.
 

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//