0
NEW YORK - Wakil tetap Rusia di PBB, Vitaly Churkin mengatakan, ISIS menghasilkan USD1,5 juta per hari dari ekspor minyak ilegal dengan mayoritas sumber daya energi itu dijual melalui Turki.


 Rusia beberkan alur perdagangan minyak ilegal ISIS melalui Turki di PBB | (TASS)

"Mereka menyeberangi perbatasan dengan bebas dan menjalin kontak langsung dengan para pemimpin ISIS dan menyepakati penawaran," kata Churkin pada pertemuan Dewan Keamanan PBB seperti dikutip dari laman TASS, Jumat (18/12/2015).

Diungkapkan Churkin, dalam sejumlah kasus, minyak ilegal tersebut dikirimkan menggunakan ribuan tanker yang bepergian melalui pos pemeriksaan dari Karkamis, Akcakale, dan lain-lain.

"Berbagai perusahaan Turki, termasuk Serii di Konya dan Sam Otomotiv di Antakya terlibat dalam memasok minyak milik ISIS," ungkap Churkin.

Churkin kemudian mengatakan, serangan udara Rusia pada sejumlah target milik ISIS di Suriah secara signifikan mengurangi jumlah ekspor minyak ilegal ISIS. Namun, ISIS menggunakan alternatif sumber pembiayaan, termasuk sumber daya alam lain, pertanian, dan industri yang mampu menghasilkan pemasukan hingga USD700 juta per tahun.

DK PBB dengan suara bulat mensahkan resolusi yang mewajibkan setiap negara untuk memutus pembiayaan dan sejumlah dukungan lain untuk kelompok ISIS, Al-Qaeda, dan afiliasinya baik itu perseorangan, kelompok, perusahaan dan organisasi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//