0

Apakah anda pengguna Xiaomi Redmi 1S, Mi3, Mi4 atau Xiaomi tipe lainnya? senang mengutak-atik sistem operasi Android MIUI di device tersebut dengan beragam MIUI ROM versi berbeda? Maka siap-siap saja masalah berupa bootloop (brick) ataupun device yang restart sendiri secara terus menerus akan segera menghampirinya.

Sebagaimana diketahui, keberadaan MIUI ROM untuk perangkat Xiaomi saat ini sudah banyak jenisnya. Ada yang berstatus Stable ROM dan adapula berjenis Developer ROM. Selain itu versinya juga sudah mulai dikembangkan dari MIUI 5 ke ke versi MIUI 6.
Yah mungkin jika kebetulan menginstall MIUI ROM yang sesuai, masalah demikian tidak akan terjadi. Namun lain hal jika ROM yang dipasang ternyata tidak kompatibel, tentunya akan menimbulkan masalah yang umumnya terjadi seperti device mengalami bootloop hingga sering restar sendiri.

Jika masalah demikian terjadi pada perangkat Xiaomi anda, maka untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan metode Wipe untuk melakukan reset.
Metode Wipe ataupun Reset dibawah ini resikonya akan membuat data-data di memori internal hilang, jadi jika masih memungkinkan melakukan backup, silahkan amanakan data penting anda terlebih dahulu.
Cara Mengatasi Smartphone Xiaomi Bootloop atau Restar Sendiri

Melakukan Wipe atau Reset di perangkat Xiaomi dapat dilakukan secara langsung melalui MI Recovery mode. Caranya ikuti step-step dibawah ini.
  1. Matikan (turn off) device Xiaomi anda.
  2. Masuk ke MI Recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume up + Power secara bersamaan hingga menu recovery muncul dilayar.
  3. Dalam modus recovery, pilih bahasa English.
    Dalam modus recovery, gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menavigasi (naik turun), dan gunakan tombol Power untuk memilih menu yang diinginkan.
  4. Pilih Wipe & Reset.
  5.  Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
    • Wipe Cache: Menghapus file cache di sistem device Xiaomi.
    • Wipe User Data: Menghapus data pengguna.
    • Wipe all Data: Menghapus semua data pengguna dan data aplikasi (Factory Reset).
    Penting: Pilih satu persatu perintah diatas (jangan sekaligus). Setiap satu proses perintah selesai dilakukan, pilih Back untuk kembali ke halaman main menu, setelah itu pilih Reboot > Reboot to System One (latest) untuk menghidupkan device secara normal. Lihat hasilnya, jika gagal baru lakukan perintah lainnya!.
    Jika metode diatas telah dilakukan namun masih belum menyelesaikan masalah device Xiaomi yang bootloop atau restart sendiri, maka jalan terakhir tentunya terpaksa anda harus melakukan install ulang (flashing).


Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//