0

Mungkin banyak yang masih bingung bagai mana cara membuat text area scolling yang terletak di bagian dalam artikel blog atau website. Apalagi buat para pemula yang baru belajar/mengenal blog/website pasti lebih kebingungan lagi. Tenang saja,  disini akan kita bahas cara tersebut agar penasaran lagi. Saya dulu juga pernah mengalami kebingungan seperti itu kok, jangankan membuat text area scrolling di bagian dalam artikel, sekedar tau nama metodenya saja saya juga nggak tau namanya kok. Mau cari di google tapi klo kita tidak tau nama yang kita cari kan bingung juga.

Pada artikel sebelumnya mungkin pernah saya bahas tentang Panduan Cara Membuat BlogRoll Dengan Fungsi Scroll , untuk tutorial singkat yang akan coba kita bahas kali ini kurang lebih memiliki fungsi yang hampir sama dengan tutorial sebelumnya tersebut.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya fungsi scrollbar maupun Text area/text box  bermacam-macam tergantung kebutuhan si pengguna, ada yang memanfaatkannya untuk memperingkas tampilan banner , daftar isi , arsip suatu blog, iklan maupun kumpulan link , selain itu Biasanya text area ini banyak di gunakan untuk menyimpan kode-kode HTML ataupun text lainnya tentunya agar dapat dengan mudah di copy oleh para pengunjung.
untuk anda yang ingin mencobanya cara-nya adalah dengan menggunakan beberapa kode berikut ini dan berikut adalah beberapa kode html yang bisa anda manfaatkan untuk membuat text area :

1. Text area Biasa tanpa tombol select all
Pada bagian artikel kita pilih/edit HTML, kemudian masukan perinyah berikut pada HTML :

 <textarea style="height: 100px; width: 200px;">Masukkan text/kode html disini</textarea>  

Keterangan :
height - Untuk mengatur tinggi kolom dari text area
width - Untuk mengatur lebar kolom dari text area




2. Text area dengan tombol select all/Highlight All 

height: Untuk mengatur tinggi kolom text area
width:   Untuk mengatur lebar kolom text area

3. Text area dengan fungsi block isi otomatis ketika kolom diklik

 Sebenarnya hampir sama dengan yang pertama,, yang berbeda hanyalah tulisan yang ada didalamnya akan diblock secara otomatis ketika kita klik kolom tersebut
untuk membuat text area seperti diatas kode yang digunakan adalah sebagai berikut :

<textarea cols="25" onclick="this.focus(); this.select();" rows="5">masukkan text/kode html disini </textarea>
Selamat mencoba semoga artikel tentang Cara Membuat Text Area Scrolling Di Bagian Dalam Artikel Blog  & Website diatas wawasan/pengetahuan kita semakin bertambah lagi. Jangan lupa Like & Share artikel ini jika bermanfaat, Thanks... :)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//