0
Presiden Rusia; Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS); Barack Obama, dalam sebuah percakapan telepon sepakat untuk meredam ketegangan diplomatik antara Iran dan Arab Saudi. Menurut Kremlin, percakapan telepon atas inisiatif AS itu terjadi hari Rabu.

Para pemimpin menyerukan deeskalasi ketegangan yang timbul sehubungan dengan krisis dalam hubungan antara Arab Saudi dan Iran,” demikian pernyataan Kremlin yang diterbitkan di situs resminya, yang dilansir Russia Today, semalam.

Putin dan Obama Sepakat Redam Ketegangan Iran dan Saudi
Presiden Rusia, Vladimir Putin (kiri) saat bertemu Presiden AS, Barack Obama. | (Reuters)
 
Kedua presiden itu juga membahas proses penyelesaian krisis Ukraina, krisis Suriah dan situasi di Semenanjung Korea.

Selama pembicaraan dengan Obama, Putin menekankan perlunya bagi Kiev memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian Minsk-2, termasuk membangun dialog langsung dengan kelompok separatis Ukraina timur.

Putin juga menegaskan kebutuhan untuk menciptakan sebuah koalisi internasional yang luas untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), serta semua organisasi teroris yang beroperasi di Suriah, sesegera mungkin.

Sedangkan perihal klaim uji coba bom hidrogen oleh Korut, Obama dan Putin sepakat bahwa tindakan rezim Kim Jong-un merupakan pelanggaran berat terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB dengan ketentuan jika klaim itu benar. Pelanggaran resolusi itu akan berdampak pada respons keras dari masyarakat internasional.

Pada kesempatan yang sama, Putin menegaskan kembali komitmen Rusia untuk menemukan solusi diplomatik soal ketegangan di Semenanjung Korea. Pemimpin Kremlin itu kembali mendesak semua pihak untuk menahan diri.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//