4


Mungkin anda pernah mengalami error/stuck on booting, entah itu karena habis upgrade, karena habis install apilkasi, atau karena sesuatu yang lain. Pasti anda langsung merasa kesal dan pusingkan jika Blackberry z10 kesayangannya tiba-tiba rusak/error/bootloop. Mau memperbaiikinya ke tukang sevice tapi takut biaya service nya yang mahal, mau membawanya ke service center resmi Blackberry tapi malas karena prosesnya yang lama, lalu adakah cara praktis untuk mengatasinya?

Selalu ada jalan keluar disetiap masalah yang datang, kamu bisa mecoba memperbaikinya sendiri ataukah kamu hanya ingin sekedar melakukan upgrade/downgrade BB10 secara bersih dengan metode fresh install? Kalau begitu, silahkan gunakan Autoloader OS sebagai salah satu jawabannya.
Sekedar diketahui, autoloader merupakan file firmware BB10 yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan reinstall, upgrade atau downgrade sistem operasi di perangkat BlackBerry Z10, Q10, Q5, Z30, Porsche Design atau BB10 tipe lainnya.

Proses flashing menggunakan autoloader sendiri dapat dilakukan dengan beberapa tahap dan tentunya sangat mudah dilakukan. Jelasnya detail mengenai cara penggunaannya bisa dilihat seperti dibahwa ini.
Perlu Diperhatikan
Sebelum memulai proses flashing, terlebih dahuluh perhatikan beberapa hal berikut ini supaya BB10 tidak mengalami masalah yang dapat menimbulkan kerugian buat kamu.
  • Siapkan satu buah komputer/laptop yang didalamnya sudah terinstall Blackberry Link. Mengapa? agar driver BB10 dapat dikenali saat nantinya dihubungkan ke PC.
  • Pastikan daya baterai pada perangkat BB10 sudah terisi minimal 80%.
  • Proses flashing akan menghapus data-data di ponsel BB10, jadi pastikan backup data terlebih dahulu misalnya menggunakan BlackBerry link.
    Jika flashing dilakukan untuk tujuan downgrade, maka backup data yg ada di BlackBerry link tidak bisa di restore ke versi OS yang lebih rendah. Jadi untuk solusinya lakukan saja backup menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti backup pro (simpan file backup-nya di sd card).
Download File-file yang Diperlukan
Download semua file yang dibutuhkan dibawah lalu simpan di komputer/laptop.
  • Pilih autoloader versi yang paling tinggi bila ingin upgrade, atau versi yang rendah dari OS BB10 yang saat ini sedang kamu pakai bila mau downgrade.
Bersihkan Dahulu BB10 Kamu Menggunakan SIC Multiwipe
Untuk mendapatkan hasil optimal di OS BB10 kamu nantinya, maka disarankan lakukan proses cleaning terlebih dahulu menggunakan SIC Multiwipe.
  • Matikan (turn-off) BB10 kamu.
  • Ekstrak SIC Multiwipe yang sudah didownload di PC menggunakan 7zip atau winrar dalam satu folder. Setelah itu jalankan programnya.
  • Akan muncul jendela MS-DOS. Untuk yang menggunakan SIC Multiwipe v1.3, silahkan pilih tipe device yang akan di wipe.
  • Pada saat keterangan “Connecting to Bootrom” muncul. Silahkan hubungkan ponsel BB10 ke PC menggunakan kabel data USB original.
  • Lampu LED BB10 akan menyala menjadi hijau dan bersamaan dengan itu proses wipe akan langsung berjalan secara otomatis.
  • Tunggu saja hingga jendela MS-DOS tertutup sendiri yang menandakan proses wipe selesai (bila proses wipe selesai, lampu LED BB10 akan berkedip merah dengan pola tetap 2x…2x).
  •  Bila proses wipe selesai, jangan dulu copot koneksi data USB BB10 ke PC (biarkan tetap tehubung), karena masih akan dilanjutkan kelangkah flashing seperti dibawah.

Langsung Flashing BB10 Menggunakan Autoloader
  • Pastikan BB10 masih terhubung ke PC.
  • Jalankan Autoloader OS yang sudah kamu download sebelumnya di PC.
  • Jika tidak ada masalah, maka program autoloader (tampilannya berupa MS-DOS layar hitam) akan langsung berjalan otomatis untuk menginstall OS diperangkat BB10.
  • Tunggu hingga MS-DOS autoloader tertutup sendiri yang menandakan prosesnya telah selesai dan bersaman dengan itu BB10 kamu akan reboot dan masuk ke setup awal.
  • Kemudian Restore kontak anda menggunakan Blackberry Link kalau Blackberry Z10 anda sudah hidup.
  • Kini anda dapat menggunakan Blackberry Z10 anda kembali, selamat mencoba semoga berhasil.

Saat BB10 masuk ke setup awal layaknya seperti ketika pertama kali dibeli, itu tandanya proses install ulang ponsel sudah berhasil dilakukan. Jadi silahkan atur saja sesuai keinginanmu.

 Ingat! pada saat proses wipe dan flashing sedang berlangsung, jangan sekali-kali melepas sambungan kabel data USB BB10 yang terhubung PC sebelum prosesnya selesai.

Posting Komentar

  1. kenapa setelah menjalankan aoutoloader lampu led masih berkedip 2x 2x..?

    BalasHapus
  2. @GAGAH PUTRA : PILIH AUTO LOADER YG BENAR2 SESUAI DENGAN TYPE HP ANDA BRO, PASTIKAN TYPE & SPESIFIKASI HP SAMA DENGAN AUTOLOADER YG DI DOWNLOAD BARU KEMUDIAN DI INSTALL. THANKS.. :)

    BalasHapus
  3. punya ane diminta password bang pas mau wipe ataupun instal langsung, gimana ini bang?

    BalasHapus
  4. Cara Flash Ulang Blackberry Z10 (Upgrade / Downgrade) Melalui Auto Loader - Sharing2Informations >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Flash Ulang Blackberry Z10 (Upgrade / Downgrade) Melalui Auto Loader - Sharing2Informations >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Flash Ulang Blackberry Z10 (Upgrade / Downgrade) Melalui Auto Loader - Sharing2Informations >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//