0
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa komitmen pasukan koalisi anti-teroris Amerika Serikat dalam memerangi kelompok militan ISIS di Suriah tidak menjanjikan.

Berdasarkan pantauan Pemerintah Rusia, pasukan koalisi di bawah pimpinan AS sering bergerak sendiri-sendiri. Padahal sebagai pasukan koalisi, seharusnya mereka mampu membuktikan ketertiban dengan bekerja sama di bawah satu komando.
“Sekarang jelas bahwa anggota koalisi dalam beberapa kasus mengatakan aksinya merupakan bagian dari tugasnya di koalisi. Namun dalam kesempatan lain, seringkali mereka bergerak secara independen ketika hal tersebut menguntungkan mereka. Kesannya jadi seperti ada standar ganda yang diterapkan,” terang Maria, seperti dikutip dari TASS, Jumat (12/11/2015).

Menurutnya, AS dan sekutu hanya ikut-ikutan menggempur ISIS. Seolah-olah mereka bergerak atas dasar pemberantasan terorisme. Padahal, mereka bergerak mengejar kepentingan politik masing-masing di wilayah kekuasaan kelompok militan asal Irak dan Suriah tersebut.

“Alangkah baiknya jika konsep standar ganda itu bisa dimengerti oleh seluruh dunia. (Namun AS juga perlu mengingat) pentingnya keputusan Prancis, Inggris, dan Jerman untuk berpartisipasi aktif dalam memerangi ISIS setelah diskusi internal yang sulit (di pemerintahan mereka masing-masing),” ujar Maria.

Sebenarnya, Rusia telanjur kecewa dengan sikap AS yang selalu bergerak sendiri dalam penggempuran ke markas-markas besar ISIS di Irak dan Suriah. Maria mengungkap bahwa Rusia juga beberapa kali menawarkan mitra negara baratnya tersebut untuk berbagi informasi tentang ISIS. Sayangnya, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Obama.

“Mereka (AS) bahkan tidak melaporkan apa pun tahun lalu saat pilot mereka menemukan konvoi tangki minyak ISIS yang menjadi sumber finansial militer ISIS. Kemungkinan mereka sudah mengetahui lokasi tersebut tetapi tidak mau membagi informasi tersebut dan tidak melakukan apa pun untuk menghentikan iring-iringan itu,” ungkapnya.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//