0
Al-Qaeda dalam bahasa arab ditransliterasikan sebagai al-Qā'idah; "asas", atau "bank data" ialah sebuah pertubuhan separa tentera Islam Sunni fundamentalisme antarabangsa yang terdiri daripada sel-sel berasingan yang berusaha sama untuk mengurangkan pengaruh luar terhadap hal-ehwal Islam. Negara-negara yang menyenaraikan kumpulan ini sebagai sebuah pertubuhan pengganas termasuk Amerika Syarikat, United Kingdom, Kanada, dan Australia. Walaupun Al Qaeda mempunyai falsafah yang berlainan dalam konteks Sunni, ahli-ahli yang paling terkenal dalam kumpulan ini dipercayai memegang kepercayaan Salafiyah.


 ( Bendera Al Qaedah )

Asal-asal kumpulan ini (kemudian digelarkan 'al-Qaeda' oleh Jabatan Keadilan Amerika Syarikat) dapat dikesani sehingga beberapa minggu selepas Serangan Afghanistan oleh Kesatuan Soviet pada tahun 1979, ketika satu kader pejuang Muslim Arab yang bukan orang Afghanistan menyertai mujahidin-mujahidin gerakan penentangan Afghanistan (satu peperangan terhadap angkatan pendudukan Kesatuan Soviet dan kerajaan Afghanistan yang disokong oleh Kesatuan Soviet) yang dibiayai terutamanya oleh Amerika Syarikat, Arab Saudi dan Pakistan.

Osama bin Laden, seorang ahli daripada keluarga usahawan Arab Saudi yang terkenal, mengetuai sekumpulan pertubuhan tak rasmi yang berusaha untuk menubuhkan tabung serta menjadi agensi pengambilan di negara-negara Islam untuk membantu Afghanistan; kumpulan ini menyalurkan pejuang-pejuang Islam untuk pertempuran di Afghanistan, mengedarkan wang, dan membekalkan kemahiran dan sumber logistik untuk kedua-dua angkatan yang bertempur serta pelarian Afghanistan.


 (Foto Osama bin Laden, pengasas utama Al Qaeda)

Al Qaeda tiba-tiba menjadi masyhur selepas serangan 11 September 2001 terhadap bangunan WTC dan Pentagon. CIA menuduh kumpulan Al Qaeda sebagai pertubuhan yang meletupkan kedua-dua bangunan itu. Sebenarnya, Al Qaeda adalah nama fail bagi senarai nama ahli kumpulan Mujahidin yang berjihad menentang penjajahan Rusia di Afghanistan. Osama bin Laden adalah anak didik CIA bagi menentang pencerobohan Rusia di Afghanistan. Tetapi kini, Osama bin Laden pula benci akan Amerika Syarikat, dan senjata hendak makan tuannya. Bagaimanapun, tanpa keupayaan makan tuan, mereka kini cuba makan anak-anak tuan yang tidak berupaya melindungi terdiri dan oleh itu, lebih senang dimakan. Adakah pembunuhan-pembunuhan ini merupakan jihad, cuma Allah dapat memutuskan.

Mike Morell, mantan direktur tindakan (acting director) dari CIA, mengatakan bahwa sementara AS “berhasil” menumpas kepemimpinan Al Qaeda, kelompok ini masih mampu untuk tumbuh dan melancarkan serangan.
"Kemenangan besar (Al-Qaeda) mereka ialah penyebaran ideologinya di wilayah geografis yang luas: Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan," kata Morell. "Pada tanggal 10 September 2011 Al Qaeda hanya berada di salah satu tempat di planet ini – Afghanistan. Hari ini mereka berada di 30 sampai 40 negara"

Morell berbincang dalam program Berita CBS 'Charlie Rose tentang bagaimana kelompok "teror" telah mampu secara berkesinambungan menimbulkan risiko bagi Amerika.
 Ketika Morell ditanya oleh pembawa acara, “Mana yang harus paling kita waspadai dari mereka?” Morell menjawab, “Saya kira yang paling harus diwaspadai, adalah Al-Qaeda di Yaman (AQAP) yang memiliki kemampuan paling menonjol dalam pengembangan teknologi yang canggih untuk melancarkan serangan disini, di tanah air kita.”

Apa sebenarnya al-Qaeda? Dan siapa yang peduli? 
Kebingungan tentang bagaimana untuk menentukan kelompok teroris marak. Apakah al-Qaeda yang terlibat dalam 11 September, 2012, serangan di Benghazi, Libya, yang menewaskan empat orang Amerika mati? Pemerintahan Obama mengatakan tidak. Adalah kelompok berkembang biak di sekitar Afrika dan Timur Tengah benar-benar bagian dari al-Qaeda yang menggulingkan World Trade Center dan menghantam Pentagon?Tidak ada jawaban yang sederhana.

Al-Qaeda adalah organisasi teroris global yang mengandalkan kerahasiaan untuk bertahan hidup. Bahkan anggota al-Qaeda bingung mengenai status masing-masing: Pemimpin kelompok di Yaman harus meminta rekan Aljazair nya untuk klarifikasi tentang hubungan Ansar al-Din al-Qaeda untuk di Maghreb Islam. Sifat rahasia dari jaringan sengaja mengaburkan banyak hubungan.Di sini masalahnya: Menurut kesaksian baru-baru declassified Jenderal Martin Dempsey, ketua Kepala Staf Gabungan, sebelum Gedung Komite Angkatan Bersenjata di bulan Oktober, militer AS menganggap dirinya sebagai hukum dilarang pergi setelah pelaku serangan Benghazi ( dan, mungkin, orang lain yang menyerang Amerika) kecuali mereka berafiliasi dengan al-Qaeda. 

Parsing pemerintahan Obama dari kata-kata untuk menyangkal keterlibatan langsung al-Qaeda secara efektif menghalangi respon militer dalam situasi ini.Tapi Amerika Serikat bisa tidak mengganggu atau mempertahankan diri dari musuh tidak dapat menentukan. Atau kita lebih aman karena definisi sewenang-wenang. Pertanyaannya menuntut jawaban: Apa al-Qaeda?Kepemimpinan Al-Qaeda mengatur penggunaan nama dan sumber daya; telah secara resmi dan terbuka mengakui afiliasi di Yaman, Irak, Somalia, Suriah dan Afrika Barat. 

Dalam setiap kasus ini, pimpinan daerah berjanji setia kepada pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, yang menerima sumpah mereka. Juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki mungkin benar ketika dia mengatakan bulan lalu bahwa "mereka tidak memberikan T-shirt atau kartu keanggotaan," tetapi setiap definisi yang masuk akal dari keanggotaan kelompok pasti harus mengakui bursa eksplisit dan publik sumpah kesetiaan dan perintah antara Osama bin Laden dan Zawahiri, di satu sisi, dan para pemimpin waralaba terbuka di sisi lain.  



Banyak ahli tidak setuju tentang sejauh mana militan berorientasi lokal yang resmi bagian dari al-Qaeda. Gedung Putih telah difokuskan pada teroris saat ini menargetkan Amerika Serikat, yang membentuk bagian kecil dari gerakan al-Qaeda secara keseluruhan. Dalam perjalanan perdebatan Benghazi, fokus yang telah menyempit lebih lanjut untuk pertanyaan apakah "inti al-Qaeda" memerintahkan serangan tertentu.

Bahkan ada perselisihan atas definisi "inti" al-Qaeda. Kebanyakan pejabat pemerintah menunjukkan bahwa itu adalah kelompok kecil menjaga perusahaan dengan Zawahiri di Pakistan. Lainnya mendefinisikannya sebagai anggota veteran dari jaringan al-Qaeda, aktif sebelum 11 September 2001, serangan. Tapi inti ini telah lama tersebar, dengan hanya sebagian kecil masih di Pakistan. Beberapa anggota kini memimpin waralaba daerah: Nasir al-Wuhayshi, mantan sekretaris bin Laden, adalah baik emir Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) dan manajer umum al-Qaeda.



Pada kenyataannya, tujuan al-Qaeda yang ditindaklanjuti oleh inti disebut, afiliasi dan kelompok lokal yang tidak menikmati hubungan formal dengan kontingen Zawahiri. The Jamal Jaringan di Mesir, al-Mulathamun di Sahel dan Pakistan Tehrik-e-Taliban (TTP) memiliki hubungan langsung tetapi informal dengan al-Qaeda. TTP menimbulkan masalah definisi tertentu karena telah tidak mencari atau menerima keanggotaan formal di al-Qaeda, namun dilakukan percobaan pengeboman Times Square pada Mei 2010.

Ancaman al-Qaeda yang terbesar ke Amerika Serikat adalah AQAP, yang telah berusaha untuk menyerang tanah air AS tiga kali sejak 2009 dan yang pemimpinnya jelas anggota inti al-Qaeda, meskipun lokasi di Yaman. Namun, sebagian besar upaya AQAP dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi merebut kendali dari bagian Yaman, menjadikannya "lokal terfokus." Dan apa yang membuat al-Shabab, afiliasi diakui secara resmi di Somalia yang tidak menggunakan nama al-Qaeda ? Telah terpaku pada Somalia namun telah melakukan serangan di seluruh wilayah dan merekrut langsung, dan dalam bahasa Inggris, dari masyarakat Somalia Amerika.


Al-Qaeda saat ini merupakan realisasi dari visi yang lebih luas dari bin Laden. Dia tidak membatasi dirinya hanya untuk pendirian dan menjalankan al-Qaeda tapi membayangkan jaringan menyatukan seperti yang berpikiran kelompok memperpanjang jauh melampaui batas-batas negara. Koperasi al-Qaeda di sekitar penerus bin Laden di Pakistan yang - setidaknya untuk saat ini - dikelilingi oleh pasukan AS di Afghanistan, dan mereka berada di bawah pengepungan dari Afghanistan berbasis US serangan pesawat tak berawak.

Tapi jaringan al-Qaeda - satu set didefinisikan kelompok berjalan dari Afrika Barat ke Asia Tenggara - menjalankan warisan bin Laden dan tetap bahaya.Definisi berlebihan sempit al-Qaeda hanya sebagai berbahaya sebagai salah satu yang mencakup setiap kelompok ekstrimis Muslim Sunni. Jelas tidak semua bagian dari jaringan al-Qaeda yang lebih luas sama-sama berbahaya. Juga tidak berurusan dengan masing-masing secara otomatis memerlukan penggunaan kekuatan militer. Keputusan untuk menggunakan kekuatan terhadap al-Qaeda harus dibentuk oleh strategi dan prioritas, seperti keputusan keamanan nasional lainnya. Tetapi tidak termasuk sebagian besar dari jaringan al-Qaeda dari pertimbangan dan bersembunyi di balik semantik menjamin kegagalan strategis.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik & sopan

[NEWS][combine][animated][100]

[SHARING2INFORMATIONS][horizontal][animated][50]

[MARI BERBAGI ILMU & PENGETAHUAN][RECENT][animated][100]

 
Top
//